Rabu, 05 September 2018

6 Langkah Mudah Mengatasi Ponsel Jatuh Ke Dalam Air

Published by By Admin on Rabu, 05 September 2018  | No comments


Apa yang Anda lakukan segera setelah Hp anda tercebur ke dalam air?  Kebanyakan orang mungkin termasuk anda akan melakukan hal yang fatal. Biasanya menghidupkan ponsel menjadi salah satu yang kebanyakan orang lakukan. Masing-masing orang punya alasan seperti pengen ngecek apakah hp nya masih hidup atau nggak, ada kerusakan atau nggak dan lainnya. 
Perlu anda tahu, langkah ini justru yang menyebabkan kerusakan pada hp setelah kena air itu. Menghidupkan ponsel ketika basah beresiko terjadinya korsleting pada mesin yang pada akhirnya membuat hp jadi matot alias mati total dan membuat kita semakin kerepotan.

Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak inginkan terjadi, berikut cara mudah mengatasi hp yang kemasukan air seperti yang dilansir dari trenprime.com.

1. Segera matikan ponsel

Jika setelah terkena air ponsel anda masih menyala maka langkah pertama yang harus anda ambil adalah matikan ponsel. Matikan dan segera lepas baterai ponsel, kartu sim, sd card, kartu KK (kalau emang ada) pokoknya semua komponen yang bisa dilepas, lepas saja untuk sementara. Karena dalam keadaan basah komponen tersebut dapat menyebabkan terjadinya konslet atau bahkan membuat ponsel agan terbakar.

2. Buka Casing untuk memberi jalan udara

Setelah mematikan ponsel selanjutnya anda bisa membuka casing dan buka semua aliran udara. Tapi jangan coba-coba untuk melepaskan sekrupnya, karena ponsel memiliki LDI atau Liquid Damage Indicator yang apabila LDI ini terusik maka anda akan kehilangan garansi dari ponsel yang anda beli

3. Bersihkan dengan kain yang dapat menyerap air

Selanjutnya anda bisa mengambil kain yang dapat menyerap air lalu tempelkan kain tersebut ke bagian yang basah. Usahakan jangan menggosoknya karena hanya akan menyebabkan air berpindah ke mana-mana.

4. Gunakan Vacumm Cleaner

Cara terbaik mengeringkan ponsel yang terkena air adalah bukan dengan cara ditiup atau dipanaskan dengan pengering rambut. Meniup ponsel yang terkena air hanya akan membuat air masuk semakin jauh ke dalam. Sebaiknya gunakan vacumm cleaner untuk menyedot air keluar dari dalam ponsel. Cara ini lebih aman dari meniup atau mengeringkannya dengan alat pengering rambut.

5. Masukkan hp ke dalam kotak berisi beras

Kenapa beras?  Beras bersifat elektrostatis yang berfungsi untuk menyerap kadar air yang ada dalam ponsel dan mengurangi kelembabannya. Setidaknya memakan waktu sehari atau dua hari sampai air bena-benar terserap dengan sempurna.

6. Nyalakan kembali ponsel 

 
Setelah semua proses pengeringan dilakukan sekarang waktunya untuk menyalakan ponsel anda kembali. Jika sudah bisa hidup, maka selamat! Kalian beruntung dan berhak membawa pulang kembali ponsel anda. Jika ponsel tidak bisa hidup kembali, maka selamat! Itu artinya sebentar lagi anda akan memiliki ponsel baru

Nah itu tadi beberapa tips untuk mengatasi ponsel yang telah terkena air. Selamat mencoba jika anda mengalaminya.



Filed in :
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

    If you would like to receive our RSS updates via email, simply enter your email address below click subscribe.

Indonesia Landscape

Indonesia Landscape

Discussion

Follow by Email

Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top