Sabtu, 08 September 2018

Jangan Punya Hobi Suka Tidur, ini 5 Bahayanya

Published by By Admin on Sabtu, 08 September 2018  | No comments


Setiap orang membutuhkan istirahat untuk kesehatan tubuh. Idealnya, setiap orang membutuhkan waktu tidur kurang lebih delapan jam sehari.

Namun rupanya, terlalu lama tidur mendorong dampak buruk bagi tubuh lho.

Ini penjelasannya seperti dilansir dari bobo.grid.id.

1. Sakit Kepala

Apakah teman-teman sering sakit kepala? Hal ini bisa saja disebabkan karena tidur terlalu lama. Hal ini memengaruhi kandungan neurotransmitter dalam otak.

Neurotransmitter adalah pembawa sinyal antara sel saraf. Kerja neurotransmitter dapat terganggu karena terlalu lama tidur dan menyebabkan sakit kepala.

2. Konsentrasi menurun

Ketika kita tidur terlalu lama berarti aktivitas otak berkurang dibandingkan saat kita bangun. Ada sel-sel otak yang menjadi tidak aktif dalam waktu lama.

Saat kita bangun, sel-sel tersebut akan dipaksa kembali aktif. Hal ini akan membuat kita menjadi bingung dan sulit berkonsentrasi. Salah satu cara mengembalikan konsentrasi adalah dengan banyak minum air.

3. Aliran darah terganggu

Tidur terlalu lama juga mengakibatkan angina pectoris.  Apa itu?

Angina pectoris adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh terganggunya aliran darah ke jantung. Terlalu lama tidur menyebabkan tubuh kekurangan oksigen sehingga menganggu aliran darah.

4. Daya ingat menurun

Saat tidur, otak tidak berpikir. Sedangkan manusia memerlukan aktivitas berpikir untuk mengasah otaknya.

Jika terlalu lama tidur dan tidak berpikir, otak akan mengalami fungsi dan menua lebih cepat. Akibatnya, daya ingat juga akan menurun alias menjadi pikun.

5. Sakit punggung

Punggung akan sedikit atau bahkan tidak bergerak sama sekali saat kita tidur. Punggung jugalah yang kita gunakan untuk bertumpu saat tidur.  Hal ini bisa menyebabkan sakit pada punggung karena kurang bergerak.

Kurang tidur memang tidak baik untuk kesehatan.  Namun perlu diingat, kalau terlalu lama tidur juga tidak baik bagi tubuh.

Jadi, yang paling baik adalah tidur cukup. Tidak kurang dan tidak lebih. Saat tidur, tubuh tetap aktif

Walaupun tidur adalah saatnya beristirahat, tubuh tetap melakukan aktivitas.  Contohnya saja, saat tidur, mata tetap dapat bergerak.  Hal ini disebut juga Rapid Eye Movement (REM).

Sistem pernapasan, otak, sistem pencernaan, jantung, otot, sistem kekebalan dan masih banyak lagi bagian tubuh lain yang tetap bekerja saat kita tidur. 


Filed in :
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

    If you would like to receive our RSS updates via email, simply enter your email address below click subscribe.

Indonesia Landscape

Indonesia Landscape

Discussion

Follow by Email

Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top