Jumat, 14 September 2018

Larangan Islam Memakan Daging Anjing Mulai Diikuti Negara Non Muslim, Ini Alasannya

Published by By Admin on Jumat, 14 September 2018  | No comments


Syariat Islam melarang umatnya memakan daging anjing tentu mudah dipahami. Tidak demikian bagi umat lain karena ada pertimbangan tersendiri susah untuk meninggalkannya. Ada yang melakukan dengan alasan kelezatannya atau bahkan untuk tujuan obat atau menambah kekuatan tubuh. 
Agaknya ada pertimbangan kesehatan yang semua orang belum meyadari. Yang jelas mengkonsumsi daging anjing ada bahayanya. Menurut para ahli kesehatan makan daging anjing dapat menyebabkan penyebaran penyakit seperti rabies dan leptospirosis.

Resiko bahaya makan daging anjing ini sepertinya mulai disadari umat non muslim. Seperti ditulis detik.com (14/9/18), para pejabat Hanoi, Vietnam mendesak warga untuk berhenti makan daging anjing dan kucing dengan alasan dapat merusak reputasi ibukota Vietnam dan menyebabkan penyakit berbahaya seperti rabies.

Komite Rakyat Hanoi mengatakan, kebiasaan makan daging anjing itu dapat mencoreng citra Hanoi sebagai 'ibukota yang beradab dan modern.'

Sedangkan Pemerintah Kota Hanoi menambahkan bahwa mengkonsumsi daging anjing juga dapat menyebabkan penyebaran penyakit seperti rabies dan leptospirosis.

Komite Rakyat juga mendesak warga untuk berhenti makan daging kucing yang tak sepopuler populer daging anjing tetapi tersedia di pasar. Hingga saat ini lebih dari 1.000 rumah makan di Hanoi masih menjual daging anjing dan kucing.

Pemerintah kota juga menyoroti fakta bahwa banyak kucing dan anjing itu dibunuh dengan kejam. Diperkirakan ada 490.000 ekor anjing dan kucing di Hanoi - mayoritas adalah hewan peliharaan.

Semakin banyak warga Vietnam yang tidak setuju, tetapi kuliner daging anjing masih tetap populer, karena 'kebiasaan yang sudah sangat mengakar,' kata Linh Nguyen, wartawan BBC Vietnam.

Di media sosial, banyak orang menyambut baik keputusan itu, tetapi ada juga yang berpendapat bahwa kebiasaan makan anjing dan kucing itu adalah tradisi yang tidak akan dengan mudah ditinggalkan orang Vietnam.

Salah satu pengguna Facebook, Dang Ngoc Quang, berpendapat bahwa hidangan itu tidak usah dilarang sepenuhnya, karena akan tergolong perampasan kebebasan.Ia menyarankan untuk menerapkan pajak besar pada daging anjing atau mengatur agar hanya dijual di daerah tertentu.

Filed in :
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

    If you would like to receive our RSS updates via email, simply enter your email address below click subscribe.

Indonesia Landscape

Indonesia Landscape

Discussion

Follow by Email

Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top