Sabtu, 29 September 2018

Makna Kode Angka pada Buah Impor di Supermarket yang Penting Anda Ketahui

Published by By Admin on Sabtu, 29 September 2018  | No comments


Jika kita berbelanja buah impor di supermarket pasti tidak asing lagi dengan stiker angka yang di tempelkan pada buah dan sayur impor. Pada 2012, International Federation for Produce Standards (IFPS) mengeluarkan Panduan Pemakaian kode Price Look Up (PLU). Banyak yang mengabaikan kode tersebut karena belum paham akan kegunaanya. Ternyata setiap kode yang ditempelkan pada buah impor memiliki arti dan kegunaan lho. Ini dia arti kode pada stiker buah impor yang sebaiknya kamu ketahui.

1. Buah yang diawali dengan angka 9
 
 
Buah yang diawali dengan angka 9 merupakan buah yang paling baik karena ditanam secara alami tanpa menggunakan pestisida, tentunya sangat aman untuk dikonsumsi. Nah biasanya banyak dicari nih sama pencinta makanan organik.

2. Buah dengan kode 4 digit dan diawali dengan angka 3 atau 4
 
 
Artinya buah ini ditanam dengan bantuan teknik agronomis, termaksud menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya. Jadi untuk kamu yang membeli buah dengan kode ini jangan lupa untuk mencuci buahnya dengan air yang mengalir ya!

3. Kode 5 digit diawali dengan angka 8
 
 
Kode ini menunjukkan bahwa buah tersebut adalah hasil dari modifikasi genetika dan pastinya bukan alami lagi. Ditanam dengan cara konvensional menggunakan pupuk bukan organik. Biasanya buah pisang dan pepaya yang sering menjadi langganan rekayasa genetik.

4. Bagaimana jika menemukan buah impor tanpa kode?
 
 
Bagaimana jika menemukan buah impor yang tidak memiliki kode? Semua produk yang diimpor harus melalui pelabelan khusus mengenai teknik produksinya sesuai dengan standar agar mudah dibedakan. Jika buah tersebut tidak memiliki label maka harus dipertanyakan kualitasnya.[IDN Times] 
 
 
 
 

Filed in :
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

    If you would like to receive our RSS updates via email, simply enter your email address below click subscribe.

Indonesia Landscape

Indonesia Landscape

Discussion

Follow by Email

Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top